al barokah

Mari Sambut Ramadan dengan Sukacita

 

Di tengah kepanikan karena wabah Corona, sebagai umat Islam, semoga kita tidak pernah lupa, bahwa Allah Subhanahu wataala telah berjanji, tidak akan menguji hamba-Nya di luar batas kemampuannya. Justru dengan datangnya bulan suci Ramadan sudah selayaknya kita lebih berbahagia dan mendekatkan diri kepada Allah.

Pada umumnya, rasa takut, tertekan, dan kepanikan, akan membuat kita lebih khusu dalam beribadah, berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah. Maka dari itu, mulai hari ini, mari  kita hilangkan panik dan berbahagialah menyambut Bulan Suci Ramadan yang akan datang dalam hitungan hari.

Selain itu, sebagai umat Islam, tentu kita tidak akan lupa dengan keistimewaan Bulan Ramadan bukan? Keistimewaan itu di antarannya adalah:

  1. Diturunkannya Al Quran

Pada bulan Ramadan, Al-Quran diturunkan. Bulan suci ini sungguhlah mulia. Hal ini disebutkan dalam Surat Al Baqarah ayat 185, “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturnkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).”

Oleh karena itu, perbanyaklah membaca al-Qur’an pada bulan Ramadan. Sebagai bentuk kecintaan kita terhadap kitab suci kita dan bentuk memuliakan bulan Ramadan. Insyaallah akan mendapatkan pahala berlipat ganda.

  1. Malam Seribu Bulan

Dalam Bulan Suci Ramadan terdapat satu malam yang disebut dengan Lailatul Qadar. Malam ini adalah  satu malam penting yang terjadi pada bulan Ramadan. Di dalam al-Qur’an malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Malam ini juga disebut sebagai malam seribu bulan, maknanya kita bisa mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan jika kita memuliakan malam tersebut dengan cara memperbanyak ibadah. Karena itu, perbanyaklah beribadah dalam 10 malam terakhir di bulan Ramadan yang disepakati oleh para ulama, bahwa 10 malam terakhir di Bulan Suci Ramadan adalah perkiraan turunnya malam Lailatul Qadar.

  1. Bulan Dikabulkannya Doa-Doa

Inilah keistimewaan yang paling dahsyat dari bulan suci Ramadan. Mari lebih bersemangat memanfaatkan bulan Ramadan sebaik-baiknya. Jika kita menjalankan ibadah puasa dengan sungguh-sungguh sambil memperbanyak doa maka insyaallah doa-doa kita akan dikabulkannya. Perbanyak doa agar pandemic Corona ini lekas berlalu.

  1. Bulan yang Penuh Berkah

Berkah Ramadan secara garis besar bisa dibagi tiga, yaitu 10 malam pertama yang merupakan periode penuh rahmat Allah, 10 hari kedua yang berisi banyak maghfirah (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai periode pembebas manusia dari api neraka. Dengan kata lain, dalam setiap hari yang ada di bulan suci Ramadan akan dipenuhi dengan keberkahan yang tiada tara.

  1. Setiap Amal Dilipatgandakan Nilainya

Setiap amal kebaikan pasti akan dibaas dengan ganjaran oleh Allah Subhanahu wa taala. Baik amal baik maupun amal buruk akan mendapatkan balasan setimpal. Namun di bulan suci Ramadan, amalan kebaikan kita akan dibalas dengan pahala yang beripat ganda.

Bukan hanya puasa, di bulan suci Ramadan setiap amal kebaikan akan dibalas dengan pahala yang lebih banyak dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Solat sunnah dan amalan lain seperti sedekah, membantu orang yang kesusahan, menyantuni anak yatim, bahkan sebuah senyuman yang tulus pun pasti akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Wah, tambah semangat kan, menyambut bulan suci Ramadan? Mari sambut bulan suci Ramadan dengan suka cita, perbanyak doa agar wabah ini lekas berlalu dan pergi dari negeri kita tercinta Indonesia.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *