Tahun Berganti, Semangat Kebaikan Tidak Boleh Mati

tahun berganti

Tahun boleh berganti, tetapi semangat kebaikan tidak boleh mati. Majelis Taklim Al Barokah Kampung Pangauban Desa Putra Jawa Limbangan Kabuaten Garut, kembali menggelar pengajian rutin bulanan di siang hari (Ahad, 08 Dessember 2019). Pengajian ini berlangsung dari pukul 13:00 s.d. 15:00 WIB. Panas terik matahari, yang diselingi oleh hujan sesaat, tidak menyurutkan semangat para jamaah berdatangan ke majelis yang mereka cintai.

Sang penceramah pun datang dari jauh untuk memberikan semangat dan tausiah keagamaan bulan Desember, sebagai penghujung tahun.

majelis taklim al barokah

Dua pernceramah yang sama-sama berasal dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyampaikan materi dengan sangat apik. Penceramah pertama, H. Asep, merupakan mahasiswa doctoral semester tiga, berkenan menyemangati para jamaah untuk terus berbuat kebaikan. Sementara penceramah kedua, KH. Lili Wahyudi yang telah dijadwalkan untuk mengisi ceramah bulan Desember, menyampaikan materi tentang hambatan dan tantangan dalam berdzikir.

uus ruswandi

Dalam ceramah kedua, dai yang biasa disapa Lili Qori ini menyampaikan tentang penyebab keresahan hati walaupun sudah berdzikir. Ada banyak orang yang hatinya tetap tidak merasa tenang walaupun sudah melakukan ibadah dan berdzikir kepada Allah Subhanahu wa taala.

lili wahyudi

Menurut Lili, ada beberapa hal yan menyebabkan seseorang gagal mendapatkan ketenangan hati walaupun sudah melakukan dzikir. Penyebab itu di antaranya adalah, keterbatasan ilmu, keyakinnan dan keimanan pedzikir itu sendiri, kehadiran hati saat berdzikir, kalimat dzikir yang tidak sesuai tuntunan Nabi, dan terakhir karena merasa puas telah melakukan dzikir yang mengakibatkan seseorang tidak lagi melakukannya.

Ceramah disampaikan dengan tenang dan komunikatif, diselingi dengan contoh kasus yang kontekstual, mudah dipahami oleh jamaah yang notabene sebagian besar merupakan ibu-ibu berusia lanjut. Dengan cara tersebut, jamaah tampak khusyuk menyimak tanpa rasa kantuk.

tahun berganti

Melalui dua ceramah yan disampaikan, jamaah yang hadir diajak untuk senantiasa memperbaiki kualitas ibadah setiap hari. Tahun boleh berganti, tapi semangat beribadah dan berdzikir jangan sampai mati.

Donasi

Seperti biasa, kegiatan pengajian diakhiri dengan pembagian bingkisan yang berupa makanan dari pengelola majelis. Antrian panjang pun mewarnai lokasi sekitar tempat pengajian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *