Semangat Para Kandidat Doktor Mempersiapakan Kegiatan Majelis Ta’lim Al Barokah

Akan ada yang seru di Majelis Ta’lim Albarokah. Semangat para kandidat Doktor pun menyala dalam mempersiapkan kegiatan Ahad besok (08 September 2019).

Majelis Ta’lim Al Barokah memang lain dari majelis yang lain. Kegiatan yang berlangsung di sana nyaris selalu luar biasa. Bagaimana tidak, hampir setiap kegiatan rutin bulanan misalkan, majelis ini selalu didatangi ratusan jamaah yang merupakan penduduk desa setempat ditambah dengan para pendatang yang sengaja berkunjung ke sana untuk ikut berpartisipasi dan menimba ilmu di sana.

Jamaah yang terdiri dari ibu-ibu dan remaja putri tumpah ruah. Karena pengajian di majelis ini selalu dihadiri oleh pemateri yang mumpuni, merupakan salah satu alasan utama mereka mengapa lebih bersemangat datang pada setiap jadwal pengajian di Majelis Ta’lim yang beralamat di Kampung Pangauban Desa Putra Jawa Limbangan Kabupaten Garut ini.

Berbicara tentang keberadaan majelis, siapa yang tidak mengenal pemilik sekaligus pengelolanya? Ya, beliau adalah Prof. Dr. H. Uus Ruswandi, M.Pd., seorang guru besar di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Karena itu, tidaklah heran jika kemudian kegiatan-kegiatan di majelis ini kerap diisi oleh bukan sambarang orang.

Mahasiswa, baik yang masih menyelesaikan Strata satu (S1), Starata dua (S2) sampai yang kandidat Doktor alias para mahasiwa S3 ikut terlibat dalam kegiatan majelis, terutama yang biasa dilakukan rutin bulanan. Para mubalig pun merupakan kalangan dosen dan orang-orang yang kompeten dalam bahasan-bahasan ilmu agama Islam.

Mereka yang ikut terlibat tentunya bukan tanpa alasan. Selain karena mengenal baik sosok dosen yang tiada lain merupakan pengelola majelis, semuanya merasa memiliki tempat yang pas untuk melakukan pengabdian masyarakat bersama rekan-rekan seperjuangan di bangku kuliah.

Bulan Agustus hingga pertengahan September ini misalkan. Para kandidat doktor Pendidikan Islam UIN Sunan gunung Djati Bandung bersama-sama mempersiapkan sebuah kegiatan yang meriah di bulan Muharam. Berbagai perlombaan akan digelar Ahad (08 Sepetember 2019 atau bertepatan dengan 08 Muharram 1441 Hijriah). Di antaranya adalah, lomba MHQ, MTQ, Qasidah dan lomba hiburan, memasak tanpa api.

Donasi

Sebuah momen yang tepat, dalam mengawali tahun baru Islam dengan semangat yang menggebu dalam menuntut ilmu, terutama di Mejelis Ta’lim Al Barokah. Bagi para panitia sendiri, ini merupakan ladang amal yang tidak disia-siakan dimana bulan ini akan berbagi ilmu dan semangat ukhuwah islamiah dengan para jamaah majelis.

Rapat kordinasi pun digelar beberapa kali, demi memastikan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan acara telah benar-benar terorgaisir dengan mantap.

Seserius itukah? Ya, mereka yang terlibat dalam kepanitiaan tidak pernah memandang sepele apapun yang berhubungan dengan kegiatan yang menjadi tanggungjawab mereka. Latar belakang dan profesi, serta pengalaman dalam berorganisasi masing-masing lah yang membuat semuanya menjadi sesemangat dan seserius itu.

“Lomba-lomba yang disebutkan tadi, diharapakan menjadi motivasi bagi para jamaah Majelis Ta’lim Al barokah dalam menuntut ilmu di sana, semoga mereka lebih tersemangati,” ujar Lili saat memimpin rapat pesiapan hari lalu.

Semua panitia memiliki keinginan yang sama. Berharap ini menjadi ladang ibadah bagi semua yang terlibat.

Ibrohim El Hasbi, salah satu panitia penanggungjawab kegiatan mengungkapkan harapan pribadinya, “dengan program harakah Islamiyyah saya yakin Majelis Ta’lim Al Barokah akan semakin menajdi qudwah, menularkan virus perjuangan dan menginspirasi mejelis ta’lim yang lain,” ujarnya di sela-sela waktu istirahat.

Hal senada disampaikan Khalid Ramdani, ia berharap dengan eksistensi dari dari Majelis Ta’lim Al Barokah ini mampu menjadi qudwah hasanah bagi majelis Ta’lim yang lain. “Semoga majelis ta’lim yang lain selalu termotivasi untuk memberikan manfaat bagi umat, hingga tercipta masyarakat madani yang mencintai ukhuwah Islamiyah dalam sarana ilmiyyah lillah bil mardhatillah,” tuturnya dengan mantap.

Menutup percakapan rapat persiapan kegiatan esok hari, Hoerul Gunawan menambahkan, “dengan adanya kegiatan ini, semoga kita para panitia khususnya bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Taala. Niatkan semua untuk ibadah, Bismillah,” pungkasnya.

Pengelola majelis sendiri merasa bangga dan haru, atas kerja keras semuanya. Uus Ruswandi berharap, bahwa semua pengorbanan dan usaha para donatur dan panitia dibalas oleh Allah Subhanahu Wa Taala dengan yang jauh lebih baik.

Seluruh panitia yang terlibat berharap acara yang akan digelar besok berjalan lancar dan penuh keberkahan. Mohon do’a dari semua. Salam ukhuwah. (MT Al Barokah/Diantika IE)

admin